Ketahui Cara Menulis Arab di Word, Dijamin Mudah

gambar tersebut menyebutkan cara test menulis arab di word gambar tersebut menyebutkan cara test menulis arab di word

Ketahui Cara Menulis Arab di Word, Dijamin Mudah

Software Microsoft Word merupakan salah satu software untuk membantu Anda dalam mengetik sebuah tulisan melalui PC Desktop ataupun laptop. Ketika Anda ingin menulis sesuatu dalam microsoft word, maka terdapat pilihan font untuk memilih jenis tulisan sesuai dengan keinginan Anda. Akan tetapi banyak orang tentu penasaran bagaimana cara menulis arab di word.

Memang, dalam software Microsoft Word edisi 2007 ini tidak disertai dengan pilihan font arab sehingga Anda akan merasa kesulitan bilamana Anda ingin menulis tulisan melalui software Microsoft Word dengan pilihan font bahasa arab. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui tentang beberapa cara untuk dapat menulis arab melalui software Microsofr Word.

Cara Menulis Arab Di Word

Bagi Anda yang ingin menulis arab melalui software Microsoft Word, maka Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Ubah Keyboard PC Desktop atau Laptop Anda

Langkah pertama agar Anda dapat menulis arab melalui Microsoft Word adalah ubah keyboard PC Desktop atau laptop Anda terlebih dahulu. Dengan cara masuk ke pengaturan control panel

  1. Masuk Ke Pengaturan Control Panel

Langkah kedua agar Anda dapat menulis arab melalui Microsofr Word adalah masuk ke pengaturan control panel. Untuk dapat masuk ke pengaturan control panel, Anda cukup klik tombol home dan kemudian cari “control panel”.

  1. Cari Pilihan Keyboard And Leanguages

Langkah ketiga untuk menulis arab pada Microsoft Word adalah cari pilihan keyboard And leanguages pada menu clocks, leanguage, and region dan kemudian klik pilihan change or other input methods.

  1. Silahkan Klik Change Keyboard

Langkah keempat adalah silahkan Anda klik change keyboard pada menu keyboard and leanguages. Terdapat beberapa pilihan tab dan Anda klik tab add untuk menambahkan jenis keyboard arabic.

Setelah Anda klik tab add, maka terdapat beberapa pilihan jenis keyboard. Pilihlah jenis keyboard arabic (101) dan kemudian klik ok. Secara otomatis, keyboard PC Desktop atau laptop Anda akan berganti menjadi keyboard arabic.

  1. Gunakan Bantuan Keyboard Virtual Melalui Aplikasi On Screen Keyboard

Memang, apabila Anda berhasil mengganti keyboard bar leanguage dari keyboard berbahasa US ke keyboard arabic telah mengganti huruf-huruf pada penekanan tombol keyboard. Akan tetapi Anda tidak akan mengetahui seperti apakah bentuk keyboard arabic perihal peletakan hurufnya.

Untuk itu, guna mempermudah cara menulis arab di word, maka Anda dapat menggunakan aplikasi On Screen Keyboard guna mengetahui tata letak huruf arabic pada keyboard Anda.

Jadi dengan bantuan aplikasi On Screen Keyboard ini maka Anda dapat dengan mudah menulis arab sesuai dengan keinginan Anda tanpa bingung harus menyentuh tombol yang mana.

  1. Atur Tata Cara Penulisan Menggunakan Huruf Arab

Memang, menulis dengan menggunakan bahasa arab tentu saja berbeda dengan penulisan menggunakan huruf pada umumnya. Ya, apabila huruf biasanya ini berawal dari bagian kiri ke kanan, maka tentu saja berbeda dengan cara menulis huruf arabic ini.

Anda harus menulis mulai dari bagian kanan ke kiri sehingga terkadang Anda cukup sulit untuk mengingat tata cara menulis dengan menggunakan bahasa arab. Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu tentang tata cara penulisan menggunakan huruf arab.

Anda harus mengubah align text yang awalnya adalah rata kiri (align text left) menjadi rata kanan (align text right). Setelah itu, masuk ke menu paragraph dan kemudian klik right to left direction agar Anda dapat menulis dengan huruf arab mulai dari kanan ke kiri.

  1. Gunakan Tombol Shift Untuk Menambahkan Harakat

Langkah yang terakhir adalah gunakan tombol shift untuk penambahan harakat. Memang, menulis huruf arab ini tidak disertai penambahan harakat. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin memberikan harakat, maka Anda cukuk tekan shift + tombol yang menunjukkan font manakah yang sesuai dengan tombol harakat.

Cara menulis arab di word ini memang dapat dikatakan gampang-gampang susah karena Anda perlu mengganti jenis keyboard terlebih dahulu sebelum Anda menulis huruf arab melalui software Microsoft Word tersebut.