Manfaat QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital

gambar tersebut menyebutkan manfaat qris gambar tersebut menyebutkan manfaat qris

Manfaat QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital

Manfaat QRIS tentu sangat menguntungkan bagi para pebisnis serta konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran. Adapun QRIS sendiri menjadi salah satu project baru dari Bank Indonesia untuk menstandarkan QR Code bagi pembayaran digital.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenalnya namun belum begitu paham apa manfaat QRIS ini. Untuk itu, berikut akan kami jelaskan untuk Anda apa saja manfaat dari alat pembayaran satu ini, baik untuk merchant (pebisnis) atau bagi para konsumen.

Manfaat QRIS Bagi Merchant (Pengusaha)

QRIS atau Quick Response Code Indonesia Standard merupakan penyatuan dari berbagai macam QR dari beberapa PJSP atau Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran, dengan menggunakan QR Code.

QRIS sendiri dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama Bank Indonesia, proses transaksi dengan QR Code pun jadi lebih mudah, cepat serta terjaga keamanannya. Seluruh PJSP yang akan memakai QR Code wajib untuk menerapkan QRIS.

Sekarang ini, dengan penggunaan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun, baik itu bank atau nonbank, bisa digunakan di seluruh toko, warung, pedagang dan sebagainya yang berlogo QRIS. Walaupun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan oleh konsumen atau masyarakat.

Adapun manfaat QRIS bagi merchant diantaranya:

  1. Memudahkan proses transaksi

Jika Anda seorang merchant dan menggunakan QRIS, maka hanya perlu satu kode QR saja. Dengan begitu, proses transaksi pun jadi lebih mudah dan sangat cepat.

  1. Mencegah peredaran uang palsu

Kedua, manfaat dari QRIS ini yakni dapat mengurangi resiko mendapat uang palsu. QRIS adalah kode pembayaran digital, yang dengan begitu tidak akan ada lagi pertukaran uang tunai.

Hal ini juga berarti, memungkinkan Anda dalam mendapat uang palsu semakin kecil. Bahkan dengan proses ini juga bisa mencegah penyakit yang dapat ditularkan melalui sentuhan langsung, seperti sekarang ini pada musik pandemi Covid-19.

  1. Lebih mudah dalam pendaftaran toko atau merchant

Keuntungan selanjutnya, QRIS juga bisa memudahkan toko dalam proses pendaftaran. Tanpa menggunakan QRIS, Anda harus mendaftar sebagai merchant pada aplikasi pembayaran digital.

Dengan QRIS, Anda hanya perlu mendaftar sekali dalam menerima pembayaran digital, apapun aplikasi yang digunakan.

  1. Banyak alternatif pembayaran

Dengan Anda menggunakan QRIS, pembeli akan bebas memilih pembayaran digitalnya dari e-wallet pilihan konsumen, tanpa perlu khawatir mengenai ketersediaan kode QR untuk pembayaran.

  1. Memantau dan menganalisis jadi lebih praktis

Perlu Anda tahu jika semua transaksi yang dilakukan dengan QRIS akan tercatat secara otomatis. Bahkan dengan QRIS, riwayat transaksi akan semakin mudah dibaca secara real time. Dari situ Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan pencatatan transaksi usaha.

Dengan begitu proses pengelolaan keuangan usaha Anda akan lebih efisien dan mudah. Anda sebagai pemilih bisnis juga bisa lebih mudah dalam memantau, menganalisis dan menentukan strategi keuangan di masa yang akan datang.

  1. Mengemat Biaya Operasional Usaha

Nada tak perlu khawatir lagi bila ingin menerapkan sistem pembayaran Qris. Hal ini karena dengan menggunakan Qris justru Anda dapat lebih menghemat biaya operasional bisnis.

Adapun jika ada biaya yang harus dikenakan bagi Anda sebagai penjual maka nominalnya tidaklah besar. Untuk itulah Anda tetap akan mendapatkan keuntungan.

Manfaat QRIS Untuk Konsumen

Selain untuk penjual, QRIS juga memiliki manfaat tersendiri bagi para konsumennya, seperti:

  1. Sebagai alternatif pembayaran yang semakin beragam

Manfaat menggunakan QRIS bagi para konsumen yakni Anda tidak perlu lagi khawatir memikirkan alternatif apa yang lebih baik untuk digunakan sebagai alat pembayaran.

Dengan QRIS, konsumen dapat menggunakan aplikasi pembayaran apapun yang telah mendapat izin di Indonesia, karena standarisasi kode QR yang sudah dilakukan.

  1. Proses transaksi lebih mudah dan cepat

Selanjutnya, proses transaksi akan lebih cepat dan mudah. Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Anda juga tidak perlu lama menunggu uang kembalian, karena dengan QRIS semuanya sudah otomatis.

  1. Proses Pembelian Barang

Manfaat QRIS yang bisa Anda peroleh sebagai metode konsumen adalah memudahkan proses pembelian jadi lebih efisien. Pasalnya Anda tak perlu repot lagi datang ke ATM maupun ke bank untuk melakukan transfer. Anda bisa menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran dari aplikasi saja.

Itulah beberapa manfaat QRIS yang perlu Anda ketahui. Jika Anda seorang pebisnis, akan lebih mudah lagi apabila proses pengelolaan keuangan diatur dalam satu aplikasi.