Rekomendasi Kuliner Khas Gunung Kidul, Ada Belalang Goreng Hingga Nasi Tiwul

Kali ini kita akan membahas mengenai kuliner yang berada di Kabupaten Gunung Kidul – Yogyakarta. Beberapa hidangannya memiliki keunikan yang membuat para wisatawan lokal bahkan mancanegara penasaran untuk mencobanya.

Daripada penasaran dengan kuliner khas dari Gunung Kidul, ini dia beberapa rekomendasi yang bisa Kamu cicipi ketika berkunjung kesana.

1. Glinding Burung Dara

Glinding burung dara merupakan burung dara yang dimasak dengan campuran bumbu serta rempah lainnya dan ditambahkan dengan kelapa parut. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang tidak alot dan memiliki cita rasa yang gurih.

2. Belalang Goreng

Kuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner extrime yang bisa Kamu temui ketika berkunjung ke Gunung Kidul. Menu belalang goreng ini dianggap menjijikan oleh sebagian orang, namun kuliner yang satu ini memiliki rasa yang gurih, dan bikin nagih.

Bahkan saking enaknya, belalang goreng ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Gunung Kidul dan bisa ditemukan dipenjual pinggir jalan. Manfaat dari belalang goreng ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol, merawat tulang, merawat gigi, meremajakan kulit, dan baik untuk ibu hamil.

3. Sayur Lombok Ijo dan Nasi Merah

Kuliner yang satu ini memang bisa dibilang sangat sederhana, namun memiliki rasa dari sayur lombok ijo dan nasi merah ini sangat sempurna. Makanya tidak heran jika kuliner ini sangat dianjurkan untuk dicoba saat berkunjung ke Gunung Kidul.

Sayur lombok ijo dan nasi merah ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, serta bumbu yang melimpah membuat rasanya cukup strong dan pastinya sangat nikmat.

4. Nasi Tiwul dan Tiwul Manis

Makanan khas Gunung Kidul ini sudah ada sejak taun 1960 an hingga saat ini. Nasi tiwul ini bisa digunakan sebagai pengganti nasi, karena tiwul juga mengenyangkan seperti nasi. Tiwul manis terbilang cukup unik karena Kamu bisa memilih varian apa saja sesuai yang diinginkan.

5. Soto Ayam Kuah Bening

Soto yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih, rasa rempah yang strong, dan dilengkapi dengan berbagai isian yang mengenyangkan. Kuliner ini bisa menjadi pilihan kuliner yang unik, enak dan murah saat berkunjung ke Gunung Kidul.

Itulah beberapa kuliner khas dari Gunung Kidul yang bisa Kamu cicipi yang pastinya akan membuat perjalanan dan liburan mu tambah berkesan. Jadi tunggu apalagi, cicipi kuliner khas Gunung Kidul yang ada diatas, selamat mencoba.