Gunakan 7 Cara Ini untuk Membantu Persiapan Pernikahan

Tabungan untuk Menikah Tabungan untuk Menikah

Cara menabung untuk menikah perlu dilakukan dengan benar dan konsisten agar target cepat tercapai. Terlebih menikah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan ada banyak pengeluaran yang harus disiapkan. Mulai dari biaya gedung, catering, gaun pengantin, fotografer dan lainnya. Hari pernikahan merupakan momen yang banyak dinantikan oleh sejumlah pasangan. Harapannya hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup. Karena itu banyak pasangan yang ingin menjadikan momen pernikahan sebagai awal hidup baru yang berkesan.

Cara Menabung untuk Menikah

Ada banyak cara menabung untuk menikah. Agar bisa mencapai target, Anda bersama pasangan bisa mengikuti 7 cara berikut:

1. Buat Rincian Anggaran untuk Menikah

Cara menabung untuk menikah pertama bisa dimulai dengan menyusun secara detail berapa anggaran yang dibutuhkan untuk menikah. Silahkan buat estimasi harga dengan melakukan riset dari banyak vendor sebelum memutuskan harga berdasarkan kemampuan. Dalam hal ini, Anda bisa merinci harga sewa gedung, biaya catering, sewa baju pengantin dan rias, undangan, souvenir dan lainnya. Pastikan tidak ada yang terlewat, Anda dan pasangan bisa mencari tahu biayanya dengan melakukan browsing di website atau blog.

2. Membuat Usaha Sampingan Bersama Pasangan

Mengutip traveloka.com, membuat usaha sampingan bersama pasangan bisa jadi cara efektif mengumpulkan dana untuk pernikahan agar target segera tercapai. Mengingat jumlahnya yang lumayan besar dan tidak bisa jika hanya mengandalkan gaji saja.

Jika diasumsikan gaji pasangan dan Anda masih kecil maka waktu untuk mengumpulkannya bisa memakan waktu lama. Akibatnya waktu pernikahan pun akan semakin lama tertunda. Sebagai referensi usaha sampingan bisa dicoba dengan membuka usaha clothing, blogger, kuliner atau les privat.

3. Buat Rekening Khusus untuk Menikah

Agar biaya menikah tetap aman dan tidak terpotong oleh kebutuhan lain, silahkan buat rekening khusus untuk menikah. Di sini, bisa mulai menyisihkan penghasilan yang dimiliki. Silahkan atur pendapat Anda bersama pasangan.

Membuat rekening khusus perlu dilakukan agar bisa berkomitmen dan konsisten terus menabung. Dengan begitu, uang akan tetap aman dari beragam kebutuhan lain di luar biaya pernikahan. Lakukan cara menabung untuk menikah ini secara konsisten dan hindari untuk mengambilnya.

4. Konsisten Menabung Sesuai Jumlah Target

Jika tabungan khusus menikah sudah dimiliki, mulai targetkan jumlah uang yang akan disisihkan. Misalnya jika biaya pernikahan diprediksi habis Rp 50.000.000 dan target menikah tahun depan maka harus menyisihkan Rp 4.500.000 dalam satu bulan atau Rp 150.000 per hari. Jumlah ini bisa dibagi dengan pasangan.

Apabila target menikah masih lama maka jumlah uang yang harus ditabung khusus menikah bisa lebih rendah daripada sebelumnya. Namun yang perlu diingat, Anda dan pasangan harus konsisten melakukannya. Jika belum sanggup, bisa dimulai dari jumlah kecil sesuai kemampuan.

5. Siapkan Dana Tidak Terduga

Untuk menikah tentunya akan ada banyak pengeluaran lain yang mungkin belum diperhitungkan. Sebagai antisipasi maka diperlukan dana tidak terduga yang perlu disiapkan. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan ketika harus ada biaya lain yang harus disiapkan. Besarnya dana tidak terduga yang harus disiapkan bisa disesuaikan dengan pertimbangan biaya menikah dan kemampuan. Jika biaya menikah sebesar Rp 50.000.000, bisa melebihkan 20% atau sekitar Rp 10 juta.

6. Mengatur Kebutuhan yang Jadi Prioritas

Selama menyiapkan dana pernikahan, Anda juga perlu menentukan prioritas pengeluaran bersama pasangan. Hal ini bisa dibicarakan bersama pasangan terkait apa saja kebutuhan yang jadi prioritas dan mana yang tidak agar cara menabung untuk menikah berhasil. Dengan mengomunikasikan bersama pasangan maka akan lebih mudah mengidentifikasi hal-hal yang bisa dan boleh mengeluarkan biaya tinggi. Begitu juga dengan pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan dan harus dikurangi.

7. Kurangi Kencan Berkencan

Berkencan bersama pasangan memang diperlukan untuk menikmati waktu bersama. Namun mendekati waktu pernikahan, kencan perlu dikurangi agar Anda bersama pasangan bisa menabung bersama. Apalagi jika kencan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Daripada kencan di tempat yang mahal dan mengeluarkan biaya besar, sebaiknya menikmati waktu bersama di tempat yang sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Misalnya menonton film bersama secara online meski tidak berdekatan.

Cara menabung untuk menikah ini bisa Anda terapkan dari sekarang agar rencana pernikahan segera terwujud. Mulai kurangi pengeluaran yang tidak penting dan berhemat. Terkait kemampuan menabung. Anda dan pasangan bisa mengomunikasikannya agar bisa disesuaikan dengan kemampuan.